Selamat datang di website
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BALIKPAPAN

Tugas Sekreatriat

1. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan pengoordinasian :

   a. penyusunan program

   b. pengelolaan urusan keuangan

   c. kepegawaian

   d. rumah tangga dan kantor

   e. perlengkapan

    f. protokol

   g. hubungan masyarakat

   h. layanan informasi dan pengaduan

    i. pembinaan pelayanan publik

    j. kearsipan

    k. surat menyurat dan

    l. evaluasi dan pelaporan

2. Sekretariat sebagaimana dipimpin oleh sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas

3. Sekretariat membawahkan subbagian dan setiap subbagian dipimpin oleh kepala subbagian yang bertanggung jawab kepada sekretaris

 

Dalam melaksankan tugas Sekretariat mempunyai fungsi :

a. pengoordinasian penyusunan program dan kegiatan

b. pengoordinasian penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah

c. pengoordinasian penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran

d. pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan, dan kearsipan

e. pengelolaan urusan kehumasan, keprotokolan, dan kepustakaan

f. pelaksanaan administrasi kantor dan pembinaan kepegawaian

g. pengelolaan anggaran Dinas dan Penerimaan Retribusi

h. pelaksanaan administrasi keuangan

i. pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan

j. pembinaan dan fasilitas penyusunan standar pelayanan publik

k. pengelolaan survei kepuasan masyarakat

l. pengelolaan pengaduan masyarakat

m. pengelolaan informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi pejabat pengelolaan informasi dan dokumentasi pembantu

n. pengoordinasian pengelolaan, pengembangan sistem teknologi informasi, 

o. pengoordinasian bidan dan UPT

p. pelaksanaan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi

q. pelaksanaan tugas dan lainnya yang diberikan oleh pimpinan/atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Subbagian Program dan Kuangan mempunyai tugas :

1. melaksanakan penyusunan dokumen sistem akuntabilitas kinerja pemerintah yang meliputi :

   a. rencana strategis

   b. rencana kerja

   c. rencana kerja tahunan

   d. penetapan kinerja dan

   e. laporan kinerja

2. melaksanakan penyusunan rencana kegiatan tahunan

3. melaksanakan verifikasi internal usulan perencanaan program dan kegiatan

4. melaksanakan supervisi monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan

5. mengoordinasikan pembangunan, pengembangan pemeliharaan aplikasi dengan bidang

6. melaksanakan pengamanan hardwere maupun softwere terhadap aplikasi yang digunakan secara bersama lintang bidang

7. melaksanakan pengelolaan dan dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan

8. melaksanakan dan menyampaikan data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui website Perangkat daerah dan website Pemerintah Daerah

9. menyusun rencana usulan kebutuhan anggaran

10. mengoordinir penyusunan rencana kerja anggaran/ dokumen pelaksanaan anggaran

11. melaksanakan sistem akuntansi pengelolaan keuangan

12. melaksanakan verifikasi dan rekonsiliasi harian penerimaan retribusi

13. menyusun rekapitulasi penyerapan keuangan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan

14. mengoordinir dan meneliti anggaran

15. menyusun laporan Keuangan Dinas 

16. melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas

17. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan /atasan sesuai dengan bidang tugasnya

 

Subbagian Umum mempunyai tugas :

1. melaksanakan pelayanan administrasi umum dan ketatausahaan

2. mengelola tertib administrasi perkantoran dan kerasipan

3. melaksanakan tugas kehumasan dan keprotokolan

4. melaksnakan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan mempersiapkan sarana prasarana kantor 

5. menyusun rencana kebutuhan alat kantor, barang inventaris kantor/rumah tangga

6. melaksnakan pelayanan administrasi perjalanan Dinas

7. melaksanakan pengadaan, pemeliharaan sarana, prasarana kantor dan pengelolaan invetarisasi barang

8. melaksanakan pencatatan, pengadministrasian dan pengelolaan barang milik Daerah

9. menyelenggarakan adminitrasi kepegawaian

10. menyelenggarakan pengelolaan pelaporan dan evaluasi kinerja pegawai

11. menyusun bahan pembinaan kedisiplinan pegawai

12. menyiapkan dan memproses usulan pendidikan dan pelatihan pegawai

13. mempersipkan penyelenggaraan bimbingan teknis tertentu dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai

14. memfasilitasi penyusunan standar opersional prosedur dan standar pelayanan

15. mengelolan informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi pembantu

16. menyusun tatalaksana dan tata kelola penanganan pengaduan dan pemebrian informasi

17. memfasilitasi pembinaan tatakelola pelayanan publik

18. melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas

19. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan/atasan sesuai dengan bidang tugasnya