Selamat datang di website
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BALIKPAPAN

Tugas Bidang e-Government

1. Bidang e-Government sebagaimana dimaksud mempunyai tugas merencanakan, mengoordinasikan, melaksanakan dan mengendalikan kegiatan bidange-Government

2. Bidang e-Government sebagaimana dimaksud dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

3. Bidang e-Government membawahkan seksi dan setiap seksi dipimpin oleh kepala seksi yang bertanggungjawab kepada kepala bidang

 

Bidang e-Government mempunyai fungsi : 

a. penyusunan program dan kegiatan bidang e-Government

b. perumusan kebijakan di bidang infrastruktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi, pengelolaan data dan aplikasi, dan pengembangan e-Government

c. pelaksanaan kebijakan di bidang infrastruktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi, pengelolaan data dan aplikasi dan pengembangan e-Government

d. pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi di bidang infrastruktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi, pengelolaan data aplikasi dan pengembangan e-Govrnment

e. pemantauan, evalausi dan pelaporan di bidang infrastruktur Teknologi, informasi dan Komunikasi, pengelolaan data aplikasi dan pengembangan e-Government

f. pengaturan infrastruktur Jaringan Telekomunikasi dan /atau sejenisnya berupa kabel (wireline) dan / atau nirkabel (wireless)

g. pelaksanaan koordinasi dan penyusunan rencana program pengendalian dan pelaporan LPSE

h. pelaksanaan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi; dan

i. pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan/atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Seksi Infrastruktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas : 

a. menyusun program dan kegiatan seksi Insfrastruktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi;

b. menyusun standar operasional dan prosedur layanan Infrastuktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi;

c. menyiapkan bahan perumusan kebijakan Infrastruktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi;

d. menyelenggarakan dan mengembangkan Data Center dan Disaster Recovery Center layanan;

e. melaksanakan pengawasan dan layanan pengembangan jaringan komunikasi Data Fiber Optic, Wireline dan Wireless;

f. melaksanakan penetapan alokasi Internet Protokol dan Numbering di lingkungan Pemerintah Daerah;

g. melaksanakan penyediaan prasarana dan sarana telekomunikasi pemerintah; h. melaksanakan monitoring trafik elektronik;

i. melaksanakan keamanan sistem informasi;

j. melaksanakan peningkatan kapasitas keamanan sistem informasi;

k. melaksanakan audit Teknologi, Informasi dan Komunikasi;

l. menyelenggarakan internet sehat, kreatif, inovatif dan produktif;

m. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan layanan eGovernment;

n. melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

o. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan/atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Seksi Data dan Aplikasi mempunyai tugas : 

a. menyusun program dan kegiatan seksi data dan aplikasi;

b. menyusun standar operasional dan prosedur layanan data dan aplikasi; c. menyiapkan bahan perumusan kebijakan pengelolaan data dan pengembangan aplikasi;

d. melaksanakan layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik dan suplemen yang terintegrasi;

e. menyelenggarakan, mengembangkan dan memelihara sistem integrasi layanan publik dan kepemerintahan;

f. menyelenggarakan layanan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan; 

g. melaksanakan peningkatan kapasitas pemanfaatan sistem informasi pemerintah dan sistem informasi publik;

h. menyelenggarakan Layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik;

i. menyelenggarakan Layanan interoperabilitas;

j. menyelenggarakan Layanan interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan Layanan Pusat Application Program Interface (API) Daerah;

k. menyelenggarakan Layanan pengembangan Business Process Reengineering pelayanan di lingkungan pemerintahan dan non pemerintah (Stakeholder smarcity);

l. menyelenggarakan Layanan Sistem Informasi Smartcity, Layanan interaktif Pemerintah dan Masyarakat;

m. menyelenggarakan Layanan penyediaan sarana dan sarana pengendalian smartcity;

n. melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

o. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan/atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Seksi Bina e-Government mempunyai tugas : 

a. menyusun program dan kegiatan Seksi Bina e-Government;

b. menyusun standar operasional dan prosedur layanan Bina eGovernment;

c. menyelenggarakan penetapan standar format data dan informasi, walidata dan kebijakan, recovery data dan informasi;

d. menyiapkan bahan perumusan kebijakan pengelolaan Bina eGovernment;

e. memberikan bimbingan teknis dan supervisi bidang e-Government;

f. melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi penyelenggaraan Government Chief Information Officer (GCIO) Pemerintah Daerah;

g. melaksanakan pengembangan sumber daya Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah dan masyarakat;

h. menyiapakan bahan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-Government Daerah;

i. menyelenggarakan koordinasi kerjasama bidang e-Government dengan instansi/lembaga terkait;

j. menyelenggarakan integrasi pengelolaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi dan e-Government Pemerintah Daerah;

k. menyelenggarakan peningkatan kapasitas aparatur dan sertifikasi teknis bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi;

l. menyelenggarakan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi e-Government dan Smartcity;

m. menyelenggarakan implementasi e-Government dan Smartcity, Promosi pemanfaatan layanan smartcity;

n. menyelenggarakan pengelolaan nama domain dan sub domain instansi penyelenggara negara bagi kepentingan kelembagaan;

o. menyiapkan bahan penetapan tata kelola nama domain, sub domain;

p. melaksanakan pengembangan dan inovasi Teknologi, Informasi dan Komunikasi dalam implementasi e-Government;

q. melaksanakan layanan peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan infrastruktur dan teknologi informatika, government cloud computing, layanan pengelolaan akses internet pemerintah dan publik, layanan filtering konten negatif, layanan interkoneksi jaringan intra pemerintah; 

r. melaksanakan Layanan bimbingan teknis dalam pemanfaatan sistem komunikasi oleh aparatur pemerintahan;

s. melaksanakan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi layanan manajemen data dan informasi e-Government;

t. menyelenggarakan ekosistem Teknologi, Informasi dan Komunikasi Smart City;

u. menyelenggarakan pembinaan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE); dan

v. melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

w. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan/atasan sesuai dengan bidang tugasnya.