Selamat datang di website
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BALIKPAPAN

Diskominfo Balikpapan Pelajari Sistem Penghubung Layanan ke Diskominfo Sidoarjo

Thursday - 18 November 2021 - Dibaca: 83 kali

BALIKPAPAN - Diskominfo Kota Balikpapan melaksanakan studi banding ke Diskominfo Kabupaten Sidoarjo, terkait sistem penghubung layanan pada 12 November 2021 lalu. Ini berkaitan dengan rencana pembuatan aplikasi portal masyarakat pada akhir tahun 2021 ini. Antara lain mengenai alur sistem penghubung layanan ini.

"Memang ini baru dan kita belum sama sekali pernah melaksanakan. Ke depan selain portal masyarakat ini juga ada portal kepegawaian," terang Kasi Data dan Aplikasi Diskominfo Balikpapan, Didik Budianto (18/11/2021).

Jadi pihaknya akan membangun portal kepegawaian yang dapat mengakses beberapa aplikasi dengan satu kali login. "seperti itu rencana kami," terangnya.

Selain sistem penghubung layanan, juga dilakukan koordinasi terkait smart city. Karena selama ini untuk datang masih terpisah. Misalnya data administrasi dan keuangan yang diambil secara terpisah. 

"Jadi data mengambil ke OPD (organisasi perangkat daerah). Maksud kami ingin membangun dashboard untuk pimpinan. Maka tinggal membuka dashboard bisa mengetahui data-data yang dibutuhkan," jelasnya.

Semua data terintegrasi atau disatukan agar pimpinan lebih mudah. Dengan begitu saat ada rapat, maka semua data dapat diakses melalui 1 aplikasi saja. Dan itu semua sudah dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo. 

"Kalau kepegawaian mereka bisa akses absensi, e-office, e-kinerja dan lainnya. Kalau pimpinan banyak datanya. Data pendidikan, keuangan, kesejahteraan masyarakat, ada banyak," katanya. (diskominfo/ cha/mgm)