Selamat datang di website
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BALIKPAPAN

Bidang e-Government Berikan Peta Rencana SPBE pada Tiap Perangkat Daerah

Saturday - 04 Desember 2021 - Dibaca: 179 kali

BALIKPAPAN - Bidang e-Goverment Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan melaksanakan koordinasi bersama Kasubag Program Perangkat Daerah Pemkot Balikpapan, Jumat (3/12/2021) di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Balikpapan. 

Koordinasi ini berkaitan dengan program pembagian peta rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Menurut Kepala Bidang e-Goverment Diskominfo, Raihanah Rahmah, berkaitan dengan pelaksanaan SPBE di Pemerintah Kota Balikpapan.

"Jadi Pemerintah Kota Balikpapan sudah punya arsitektur dan peta rencana rencana SPBE di tiap perangkat daerah. Ada peta, rambu, kegiatan apa yang harus mereka laksanakan untuk menunjang SPBE di tingkat nasional," urainya. 

Ini adalah PR untuk perangkat daerah agar bisa memenuhi peta rencana yang diamanatkan pusat. Pelaksanaannya dilakukan tiap tahun, melalui evaluasi SPBE. Dilaksanakan oleh Kementerian Pan RB, pada tahun 2021 sudah dilaksanakan di bulan Juni. 

"Nanti di tahun depan kami belum tahu jadwalnya kapan. Dan hasil evaluasinya di 2021 masih menunggu diumumkan oleh Kementerian," jelasnya.

Menurutnya ada sejumlah indikator yang baru dari Kementerian, sehingga ditindaklanjuti oleh bidang e-Government dengan program aplikasi yang nanti bisa digunakan seluruh perangkat daerah untuk mengumpulkan eviden yang diminta. 

"Aplikasi ini sudah ada, namun belum diterapkan untuk perangkat daerah. Rencananya akan kami terapkan bulan Maret 2022 nanti," tandasnya. (diskominfo/ cha/mgm)