Selamat datang di website
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BALIKPAPAN

Diskominfo Gelar Sosialisasi Manajemen Pengetahuan dan Perubahan SPBE

Thursday - 01 September 2022 - Dibaca: 151 kali

BALIKPAPAN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi manajemen pengetahuan dan perubahan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Selasa (30/8/2022) di Aula Bappeda Litbang Kota Balikpapan. Ini merupakan salah satu indikator dari penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. 

Para peserta adalah seluruh perangkat daerah yang bertugas sebagai narahubung SPBE dan pranata komputer di lingkungan Pemkot Balikpapan. Kegiatan ini dipimpin Sekretaris Diskominfo Kota Balikpapan, Abdul Rachim. 

Menurut Sekdis Abdul Rachim, didampingi Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Juni Yastutik, beberapa hal yang disampaikan diantaranya, apabila terjadi perubahan pelayanan, aplikasi, maupun infrastruktur, wajib untuk didokumentasikan.

Sementara untuk manajemen pengetahuan, tiap file kantor harus dibuatkan tempat penyimpanan tersendiri. "Nanti pegawai yang menggantikan bisa mengakses file tersebut. Jadi tidak kehilangan jejak kegiatan atau pekerjaan di kantor tersebut," jelasnya. 

Selain itu juga dilakukan pembuatan aplikasi untuk pembelajaran online bagi masyarakat. Untuk kegiatan ini, Diskominfo Kota Balikpapan menghadirkan narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kemenpan RB. 

"Tahun ini kita juga sudah lakukan monitoring, evaluasi penerapan SPBE ini, baik di tingkat perangkat daerah atau pun nasional," tuturnya. 

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh program yang ada di peta rencana SPBE itu dilaksanakan oleh perangkat daerah. "Saat ini dirumuskan seberapa persen penyerapan, pelaksanaan program ini mengacu peta rencana," jelasnya. 

Selain itu juga telah dilakukan peningkatan kapasitas SDM SPBE dengan sosialisasi manajemen pengetahuan dan manajemen perubahan. "Sejauh ini perangkat daerah juga sudah ada sosialisasi SPBE. Kami berikan pemahaman, juga evaluasi. Sejauh ini mereka bisa memahami," tandasnya.